Sekolah Jurnalistik

 Sekolah Jurnalistik

Berbincang tentang jurnalistik tidak akan lepas dari literasi, karena keduanya saling keterkaitan. Jurnalistik sendiri memiliki arti ilmu, teknik dan proses yang berkenaan dengan penulisan berita, feature dan artikel opini di media massa. Baik media cetak, media elektronik, maupun media online (ciber).

Secara etimologis Jurnal artinya laporan atau catatan, jurnalistik merupakan laporan tentang peristiwa sehari-hari yang biasa kita kenal dengan istilah berita (news). 

Belajar jurnalistik sangat baik bagi anak-anak usia SD dan SMP, mereka dapat mengembangkan kemampuan literasi menjadi sebuah karya, artikel atau opini yang layak dipublikasikan di media masa sekaligus menjadikan mereka generasi jurnalistik yang amanah dan bijaksana dalam menyajikan berita kedepannya. 

Untuk mencapai generasi yang demikian, sangat penting bagi sebuah lembaga pendidikan memberikan wawasan pengetahuan tentang dunia jurnalistik sejak dini. Sekaligus mewadahi hasil karya mereka menjadi sebuah berita yang layak dipublikasikan sehingga memberikan sensasi pengalaman yang tidak akan terlupakan. 

Lahirnya kembali Majalah Al Ikhlash menjadi langkah awal menuju sekolah jurnalistik yang diimpikan, lalu dikembangkan dengan terbitnya buku-buku karya siswa dan guru, yang kemudian ditindak lanjuti dengan penandatanganan MOU oleh Direktur Lembaga Pendidikan Al Ikhlash bersama media kenamaan Jawa Pos Radar Semeru sebagai wujud komitmen Lembaga Pendidikan Al Ikhlash dalam merintis sekolah jurnalistik di Kabupaten Lumajang. 

Adapun wujud dari kesepakatan yang dibuat yaitu membantu publikasi kegiatan yang ada di Lembaga Pendidikan Al Ikhlash untuk mengedukasi peserta didik, guru, karyawan dan seluruh masyarakat. Pihak Jawa Pos Radar Semeru juga bersedia memberikan fasilitas pembelajaran jurnalistik secara menyeluruh mengenai proses penyusunan tulisan sampai kelayakan untuk dipublikasikan, bahkan berharap dapat menjangkau proses pembelajaran dalam mendalami seni fotografi dan videografi. Hal ini tepat sekali, di masa pandemi seperti sekarang sudah seharusnya semua guru berinovasi dalam membuat video pembelajaran yang menarik. Bukan hanya itu, seluruh ustaz dan ustazah juga berkesempatan mengirimkan tulisan berupa opini, saran, masukan atau koreksi terhadap berita-berita yang sedang hangat diperbincangkan di Kota Lumajang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERINGATAN TAHUN BARU 1436 H LEMDIK AL-IKHLASH LUMAJANG

KOMITE RSDBI AL IKHLASH ADALAH "MITRA SEKOLAH"

Empty Nest Syndrome